Update Info Menarik Seputar Dunia Remaja, Ramalan Zodiak, Kata Mutiara, Tips, Pendidikan, Resep, Puisi, Jadwal Sholat, Sms, Lirik Lagu, Pantun, Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan dan Ucapan Natal & Tahun Baru 2023.
Kata Motivasi Edi Dermawan Tips Bermain Poker Texas Boyaa Zodiak Bulan Ini Mukjizat 25 Nabi Dan Rasul Cerpen Sahabat Sejati Kata Mutiara Islami 2022 Kumpulan Pantun Romantis Ujian Nasional

Tips Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Advertisement
KKN di Desa Penari

Tips dan Trik Merawat Komputer - Pada kesempatan kali ini admin blog Dunia Remaja ingin berbagi trik dan tips cara merawat komputer agar tidak mudah rusak saat pemakaian secara nonstop untuk browsing internet dan sebagainya. Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata 'computer' pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern sekarang dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam arti seperti ini terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.

Tips Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti 'komputer' adalah yang mengolah informasi atau sistem pengolah informasi. Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer. Kata computer secara umum pernah digunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk orang yang menghitung kemudian menjelang tahun 1897 juga digunakan sebagai alat hitung mekanis.

Selama Perang Dunia ke II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer untuk saat ini.

Berikut ini ada beberapa Tips Merawat PC/Komputer untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komputer yang kalian gunakan:

- Bersihkan debu yang menempel pada motherboard dan peripheral lain di bagian dalam CPU dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil untuk sudut dan celah-celah yang sempit. Lakukan juga pada Power Suply dengan cara membuka casing atau box power suply terlebih dahulu dan perhatikan solderan-solderannya apakah perlu dilakukan penyolderan ulang atau tidak?

- Gunakan udara bertekanan tinggi (kompressor) supaya peripheral benar-benar bersih dari debu. Atau cukup dengan Hair Dryer (pengering rambut). Tapi ingat atur pada suhu rendah supaya peripheral tidak meleleh ya.

- Lepas dan pasang kembali soket-soket peripheral. Hal ini untuk menjamin koneksi yang sempurna pada konektor-konektor peripheral, cukup sekali saja setiap perawatan PC.

- Ingat! Jangan menggunakan cairan Contact Cleaner dalam membersihkan soket-soket konektor peripheral karena cara tersebut adalah salah besar. Cairan Contact Cleaner sulit sekali (sangat lama) kering dan justru membuat debu mudah menempel.

- Perhatikan cara pemasangan Motherboard dan peripheral lainnya apakah ada skrup yang masih kurang atau kendor. Lengkapi dan kencangkan skrup-skrup tersebut.

- Sesuaikan OS dan Aplikasi dengan spesifikasi komputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pada Harddisk, ini akan memperberat kinerja komputer anda.

- Buatlah partisi Harddisk yang proporsional. Misalnya Harddisk 80GB dengan Space Used C tidak lebih dari 5GB akan lebih baik kalau kita buat 3 partisi dengan 10GB untuk C, 35GB untuk D dan 35GB untuk E. Dengan demikin akses untuk System dan loading data akan lebih cepat.

- Jangan gunakan PC untuk game-game berat, kecuali kalau memang komputer kamu dirancang untuk bermain Game. Kalau kamu memang maniak Game, gunakan saja Playstation ya.

- Gunakan Antivirus yang sesuai dan selalu Update, kalau perlu tiap hari Update, saya paling suka pakai Avira profesional 9.0 yang gratis. yang terpenting Update paling tidak tiap 5 hari sekali.. Dengan adanya antivirus yang selalu update akan meringankan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC yang kamu punya.

- Gunakan stavolt yang berkualitas. Banyak sekali stavolt murah yang hanya bisa mengantisipasi perubahan tegangan PLN yang sempit. Biasanya stavolt seperti ini meski secara fisik ukurannya standar tapi sangat ringan dan tidak meyakinkan. Saya cenderung memilih stavolt dengan Servo Motor karena memiliki stabilisasi yang bagus. Namun ada juga Stavolt sistem Relay yang bagus tapi sekarang kayaknya sangat sulit diperoleh lo.

- Gunakan Pendingin Ruangan untuk komputer, atau kalau tidak memungkinkan bisa dikompensasi dengan cara pemasangan Sirip Pendingin dan Coolling Fan Ekstra apabila suhu processor dirasa terlalu tinggi diatas 36 derajat Celcius. Khususnya ini terjadi pada komputer-komputer yang sudah jadul.

- Pada waktu-waktu tertentu lakukanlah Defragment Harddisk untuk menata ulang urutan file-file agar kinerja komputer kamu menjadi lebih ringan. Tetapi jangan terlalu sering ya.

- Lakukan Instalasi ulang OS dan Aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang  secara menyeluruh sekali dalam 6 bulan rasanya tidak berlebihan untuk penyegaran seluruh system, apalagi kalau kita menginginkan upgrade system. (misal dari XP-SP1 ke XP-SP2 atau XP-SP3)
Lakukan penghapusan atau Remove data atau Aplikasi yang sekiranya tidak efektif  yang tidak pernah digunakan.

- Sering-seringlah kamu membersihkan Temporary file, Prefetch file, file-file Chokies dan file-file sampah di Recycle Bin.

- Selalu lakukan Backup pada data-data yang dirasa penting, Kamu bisa mengcopy-nya pada CD, hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terkena serangan virus atau terjadi kerusakan fatal pada Harddisk.

- Usahakan listrik kamu tidak mudah drop atau mati selama komputer bekerja. Kalau perlu naikkan daya listrik rumah kamu atau lebih baik lagi kalau kamu lengkapi dengan UPS sehingga apabila listrik mati mendadak masih ada waktu untuk menyimpan data dan Shutdown komputer

- Jangan terlalu lama membiarkan komputer kamu tidak terpakai (tidak pernah dihidupkan sama sekali dalam yang waktu lama). Paling tidak minimal setiap hari komputer kamu dihidupkan sekitar 1 sampai 5 jam. Hal ini untuk menghangatkan bagian dalam CPU supaya bebas dari kelembaban udara.

- Hindarkan komputer kamu dari goncangan, getaran dan hentakan apalagi saat komputer sedang menyala, hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada Harddisk.

Itu dia teman-teman sedikit Tips Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak yang bisa saya berikan kepada kalian, semoga tips & trik diatas bisa bermanfaat dan membantu teman-teman dalam merawat pc/komputer yang kamu punya ya :)
Advertisement
Kuntilanak 3

Tolong Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Tips Merawat Komputer Agar Tidak Mudah Rusak

Posted by Edi Dermawan, Published at 22.52.

Comments Facebook :