Update Info Menarik Seputar Dunia Remaja, Ramalan Zodiak, Kata Mutiara, Tips, Pendidikan, Resep, Puisi, Jadwal Sholat, Sms, Lirik Lagu, Pantun, Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan dan Ucapan Natal & Tahun Baru 2023.
Kata Motivasi Edi Dermawan Tips Bermain Poker Texas Boyaa Zodiak Bulan Ini Mukjizat 25 Nabi Dan Rasul Cerpen Sahabat Sejati Kata Mutiara Islami 2022 Kumpulan Pantun Romantis Ujian Nasional

Manfaat Sholat Jumat Bagi Anak Laki-Laki

Advertisement
KKN di Desa Penari

Manfaat Sholat Jumat Bagi Anak Laki-Laki - Sholat Jum'at merupakan sholat wajib yang harus dilaksanakan oleh semua anak pria/laki-laki yang dilakukan secara berjama'ah setiap hari jum'at sebagai pengganti Sholat Dzuhur di masjid ataupun di mushola. Sholat Jum'at sendiri terdiri dari 2 Rakaat, sama hal-nya seperti sholat subuh yang kita lakukan yakni 2 rakaat, bedanya kalo sholat subuh dilaksanakan pada pagi hari (waktu matahari terbit), sedangkan sholat jum'at dilaksankan pada siang hari.

Manfaat Sholat Jumat

Di bawah ini bisa teman-teman simak dan baca secara lengkap mengenai Manfaat Sholat Jumat :

* Hukum dari Sholat Jum'at :
Sholat Jum'at merupakan kewajiban bagi setiap orang beriman, hal ini tercantum dalam Al Qur'an dan beberapa hadits sebagai berikut:
Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu disuruh untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah aktifitas jual-beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui. (Al Jumu'ah 62:9).

* Golongan Yang Wajib Melaksanakan Sholat Jum'at:
- Seorang muslim yang sudah baligh dan berakal,
- Laki-laki
- Orang Yang Merdeka
- Orang Yang Menetap dan Bukan Musafir
- Orang Yang Tidak Ada Halangan (Uzur) Apapun

* Golongan Yang Tidak Wajib Melaksanakan Sholat Jum'at:
- Budak (Hamba Sahaya)
- Musafir
- Wanita
- Anak Kecil
- Orang Sakit
- Orang Yang Tertidur Pulas
- Orang Gila / Tidak Waras

* Ancaman Bagi Umat Muslim Yang Meninggalkan Sholat Jum'at:
Kemudian ada ancaman bagi lelaki (pria) yang meninggalkan atau meremehkan sholat Jumat selama tiga kali berturut-turut, akan ditutup hatinya, yang bisa menyebabkan terhalang masuknya hidayah dan rahmat, kemudian menjadi orang yang benar-benar lalai dan dianggap sebagai orang munafik yang tidak mengakui atau menganggap Islam sebagai agamanya.

* Sunnah-Sunnah Yang Dianjurkan Dalam Sholat Jum'at:

Pada sholat Jumat, setiap muslim dianjurkan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:
- Mandi, tata cara mandi jum'at sama dengan tata cara mandi junub
- Bersiwak atau sikat gigi
- Memangkas kumis
- Memakai parfum
- Mengenakan pakaian terbaik
- Memotong kuku
- Membaca surah al-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya
- Memperbanyak solawat
- Datang lebih awal ke masjid, agar datang sebelum khotib naik mimbar dan mengucapkan salam, karena sesudah mengucapkan salam bahwasan-nya malaikat pun ikut duduk dan tidak mencatat orang yang datang ke masjid ketika khotib sudah mengucapkan salam
- Memperbanyak sholat sunnah
- Memperbanyak berdoa (meminta kepada Allah SWT)
- Mendengar kutbah, dengan penuh perhatian dan diam, dan jika melihat orang yang bercanda ketika kutbah berlangsung agar tidak untuk menasehatinya, karena jika demikian bisa termasuk orang yang lalai
- Tidak duduk memeluk lutut
- Sholat sunnah setelah sholat Jumat
- Memperbanyak amal baik seperti bersedekah

Jadi kita sebagai anak pria/laki-laki yang beragama islam, sangat diwajibkan untuk melaksanakan Sholat Jum'at berjamaah yang dilaksanakan setiap hari jumat yang ada di tempat tinggal kalian masing-masing, karna dengan kita melaksanakan kewajiban sholat jumat akan mempertebal iman dan tiang agama kita kepada sang pencipta Allah SWT. Demikian pengertian dari Manfaat Sholat Jumat Bagi Anak Pria yang bisa admin Dunia Remaja bagikan, semoga bermanfaat buat teman-teman pembaca setia blog saya ini, sumber yang saya dapatkan dari : Wikipedia.Org dan jangan lupa kamu baca juga artikel pendidikan tentang agama lainnya berjudul Manfaat Kita Bersedekah Dalam Agama Islam.
Advertisement
Kuntilanak 3

Tolong Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Manfaat Sholat Jumat Bagi Anak Laki-Laki

Posted by Edi Dermawan, Published at 07.02.

Comments Facebook :